Halaman

Senin, 16 April 2018

Bahaya Penyakit Vertigo, Jangan Disepelekan!!


Kebanyakan penderita vertigo disebabkan oleh gangguan sistem vestibularis, yakni sensor alamiah manusia yang memiliki fungsi untuk penyesuaian tubuh, Jika organ ini terganggu, maka lingkungan seperti berputar atau pusing tak tertahankan. Selain daripada itu, ada penyebab-penyebab lain yang bisa menyebabkan anda terkena penyakit pusing tujuh keliling (vertigo) Seperti berikut ini :


  • Penyakit Meniere – gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.
  • Vestibular neuronitis, yaitu inflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.
  • Gangguan pada otak, misalnya tumor.
  • Obat-obatan tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga.
  • Trauma atau luka di kepala dan leher
Segeralah lakukan pengobatan jika anda terkena vertigo, karena jika di biarkan dapat berbahaya dan beresiko terkena penyakit akut, sehingga nantinya akan sulit di sembuhkan. Berikut adalah bahaya penyakit vertigo jika tidak cepat ditangani:
  1. Infeksi Telinga Dalam

    Jika Vertigo berkepanjangan maka telinga akan mengalami infeksi yang cukup serius merambat ke organ dalam dalam kepala. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan pada bagian dalam telinga

  2. Migrain Kronis

    Migrain yang berkepanjangan menjadi penyebab utama timbulnya vertigo, tapi jika vertigo di biarkan akan menyebabkan migrain Kronis, untuk masalan ini butuh penanganan yang serius dan butuh pengobatan yang tepat supaya tidak memperburuk kondisi penderita.

  3. Kehilangan Pendengaran

    Karena akar masalah dari penyakit vertigo berada di telinga dalam, maka sangat berpotensi merusak jaringan telinga, dan menimbulkan infeksi pada gendang telinga, jika dibiarkan terlalu lama, ditakutkan terjadi infeksi serius di dalam telinga, sehingga hilangnya pendengaran seseorang.
  4. Berisiko Terkena Stroke atau Masalah Otak

    Letak gangguan yang berada di daerah syaraf kepala, dapat menimbulkan resiko lain seperti ketidak seimbangan tubuh. Jika ketidakseimbangan berlangsung lebih dari beberapa hari, atau jika vertigo disertai kelemahan dan tidak adanya koordinasi pada salah satu bagian tubuh Anda, dapat dicurigai menderita stroke atau masalah otak lainnya.
  5. Gangguan Penglihatan Karena Pandangan Kabur

    Penderita vertigo saat vertigo kambuh pun seringkali mengalami gangguan penglihatan. Keberadaan gangguan penglihatan ini contohnya adalah dalam hal kaburnya gambaran dari suatu hal yang dilihat oleh mata. Fokus mata yang kabur ini dapat menyebabkan seseorang dengan penyakit vertigo berbahaya keadaannya. Keadaan bahaya yang dimaksud ini adalah bahaya ketika seseorang beraktivitas dengan kondisi mata yang kabur dan tidak fokus. Bahkan mungkin saja, gangguan penglihatan ini dapat berujung kematian karena ketidak hati-hatian penderita itu sendiri
  6. Susah Beraktifitas Sesuai Biasa

    Bahaya vertigo yang pertama adalah akibat gejala-gejala yang ditimbulkannya, penderita vertigo akan kesulitan beraktivitas. Seperti yang diketahui penderita vertigo akan mengalami gangguan mobilitas, gangguan pendengaran, dan bahkan gangguan penglihatan. Hal-hal ini dapat membatasi aktivitas penderita vertigo. Jika seseorang yang menderita vertigo tetap melanjutkan aktivitasnya seperti dalam keadaan normal dan sehat, maka pingsan atau hilang kesadaran tiba-tiba dapat mengancam penderita itu sendiri. Jadi, salah satu bahaya dari vertigo ini harus benar-benar dihindari.
Umumnya ada beberapa cara mengobati vertigo secara alami, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi obat vertigo tradisional berikut ini.

Inilah obat vertigo alami yang paling mujarab

Jahe
Yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Semua orang pasti sudah mengenal jenis rempah-rempah yang satu ini. Selain digunakan untuk bumbu dapur, jahe juga berguna untuk mengobati vertigo. Kandungan zat baik yang terkandung dalam jahe dapat meningkatkan aliran darah di otak. Sehingga pusing dan kepala berputar dapat diatasi dan hilang dengan sendirinya.
Lada dan lemon
Yang kedua adalah dengan menggunakan lada dan lemon. Bagi Anda yang memiliki riwayat vertigo, tak ada salahnya membuat obat alami untuk mencegah vertigo datang kembali. Yaitu dengan cara mencampurkan garam atau merica ke dalam jus lemon hangat. Minumlah ramuan tersebut secara teratur untuk mencegah dan mengatasi penyakit vertigo.
Almond
Obat vertigo tradisional selanjutnya adalah almond. Seperti yang kita ketahui almond kaya akan vitamin, mineral dan asam lemak esensial yang dapat membantu tubuh untuk mengatasi serangan vertigo. Tak hanya itu saja manfaat kacang almond, kacang almond juga berguna untuk mengatasi sakit kepala dan kelelahan akibat bekerja ataupun olahraga yang terlalu berat. Caranya pun sangat mudah yaitu Anda bisa mencampur bubuk almond dalam susu dan minumlah setiap pagi.
Amla
Berikutnya adalah dengan menggunakan amla. Ketika Anda sudah mendapati gejala vertigo minumlah jus buah yang satu ini. karena kandungan zat dalam amla sangat ampuh untuk meredakan gejala vertigo seperti mual dan muntah. Tak hanya itu saja kandungan vitamin C pada amla juga dapat mencegah tubuh terserang dari berbagai macam penyakit.
Seledri
Selain digunakan sebagai penyedap masakan, salah satu manfaat dari seledri lainnya juga dapat digunakan untuk meringankan pusing dan letih akibat penyakit vertigi. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah yaitu dengan cara membuat jus dari daun seledri dan minumlah secara teratur.
Madu dan ketumbar
Obat vertigo  tradisional selanjutnya adalah dengan menggunakan madu dan ketumbar. Sejak zaman dahulu madu memang sudah dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yaitu untuk mengoati vertigo. Caranya, rendam biji ketumbar selama 24 jam kemudian ambil airnya. Anda juga bisa menghangatkan air rendaman biji ketumbar kemudian campurkan dengan madu dan minum selagi hangat. Agar lebih segar Anda juga bisa menambahkan dengan perasan air lemon.
Jus lemon
Para penderita vertigo, jus lemon merupakan salah satu minuman yang sangat menyegarkan. Jus lemon yang Anda minum sangat berguna untuk mengurangi rasa sakit kepala berputar, mual dan juga muntah.
Ginko biloba
Obat vertigo tradisional berikutnya adalah dengan menggunakan ginko biloba. Ginko biloba merupakan jenis tanaman obat yang baik untuk mengatasi penyakit vertigo. Salah satu manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah untuk meningkatkan aliran darah ke bagian telinga dan otak serta mendukung produksi sel darah merah. Jika tak mau repot, Anda bisa membeli ginko biloba dalam bentuk suplemen. Saat ini beberapa jenis suplemen ginko biloba sudah banyak dijual di toko-toko obat herbal.
Cabai rawit
Tahukah Anda bahwa cabai rawit juga sangat berguna untuk mengatasi penyakit ini. Hal ini dikarenakan cabai rawit mengandung zat penting yang berguna untuk meningkatkan aliran darah menuju ke seluruh bagian tubuh, salah satunya yaitu di otak. Seperti yang Anda ketahui, penderita vertigo seringkali merasa pusing. Hal ini dikarenakan suplai darah yang menuju ke otak terhambat. Oleh karena itu Anda bisa mengonsumsi makanan pedas  untuk mengatasi vertigo. Akan tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
Yoghurt dan stroberi
Bagi penderita vertigo, nutrisi tubuh adalah hal terpenting yang harus dipenuhi. Dengan begitu tubuh akan lebih segar dan selalu prima. Anda bisa mengonsumsi yoghurt dan stroberi sebagai nutrisi tambahan. Konsumsilah campuran yoghurt dan stroberi dalam dua kali seminggu secara rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar